Tugas Modul 1.2a.8 KONEKSI ANTAR MATERI

Tujuan Pembelajaran Khusus: CGP mampu menghasilkan kesimpulan berdasarkan materi modul 1.2. Nilai & Peran Guru Penggerak serta kaitannya dengan modul 1.1. Filosofi Pendidikan Ki Hadjar Dewantara

Salam Sehat dan Bahagia....

Bismillahirahmaanirrahiim

Hayyy teman teman calon guru penggerak angkatan 5 diseluruh Indonesia, semoga kita semua selalu dalam keadaan sehat walafiat dan selalu diberikan kelancaran dan kemudahan dalam mengikuti kegiatan program guru penggerak yang sangat luar biasa ini..Disini saya akan mencoba merefleksikan semua hal yang telah terlewati dalam melaksanakan pendidikan dan pelatihan guru penggerak. Kita mulai saja yuuuukk.

BELAJAR MEMBUAT REFLEKSI DENGAN MENGGUNAKAN MODEL EMPAT P :

1. PERISTIWA ( moment yang paling penting, menantang dan mencerahkan dalam proses pembelajaran modul 1.1 dan modul 1.2

moment yang penting : pada saat mempelajari setiap materi yang ada pada modul 1.1, karena pada modul inilah pemikiran dasar kita terbentuk. modul 1.1 merupakan pondasi untuk membangun pemikiran kita akan pendidikan dan pengajaran yang semestinya terjadi. ketika mempelajari hal hal berikutnya sudah dilandasi oleh modul 1.1 yaitu filosofi pemikiran Ki Hadjar Dewantara, hal yang paling menantang adalah ketika mengerjakan tugas untuk pertamakalinya membuat rekaman audio tentang eksplorasi konsep pemikiran Ki Hadjar Dewantara, otak harus berpikir cerdas bertindak cepat yang ternyata hal tersebut merupakan cara kerja otak fast think otak reptil yang bekerja.. Banyak hal baru dan luar biasa yang saya dapatkan ketika mempelajari modul 1.1 dan modul 1.2 yang setelah dipelajari ternyata saling berkesinambungan.

Dari moment penting yang tercatat menjadikannya sebagai tantangan dan akhirnya memberikan pencerahan inspirasi dan keterbukaan pemikiran bahwa dari pemikiran KHD tentang pendidikan dan pengajaran yang bertumpu pada tujuan nasional pendidikan yang sesungguhnya  harus dilandasi oleh dasar pemikiran tentang pendidikan, pengajaran, kodrat alam, kodrat zaman dan menghasilkan budi pekerti , dalam pelaksanaanya seorang guru penggerak harus memahami nilai nilai positif guru penggerak yang nantinya akan memunculkan peranan guru penggerak dan akan muncul kompetensi dari seorang guru penggerak

2. PERASAAN (saat moment ini terjadi perasaan saya bagaikan....)

saya merasa bagaikan ada di dunia lain yang dipenuhi oleh orang orang hebat dan kreatif, merasa dikelilingi oleh teman teman yang senasib dan se visi tentang pendidikan dan pengajaran sekaligus merasa kecil dan merasa tidak memiliki kompetensi apapun. ternyata di luar rutinitas saya mengajar, mengurus rumah tangga, di luaran sana banyak sekali orang orang yang berkarya berjuang demi profesi dan memiliki pemikiran yang visioner.

ketika membaca tulisan tulisan KHD saya merasa "luar biasa" KHD sangat cerdas dan visioner dalam memandang merancang pelaksanaan pendidikan rancangannya tidak hanya bisa digunakan saat itu saja tetapi pada masa kini pun pemikiran KHD masih sangat relate. sungguh cerdas KHD kami sangat bangga memiliki pahlawan pendidikan seperti beliau. Menjadikan kami bangga menjadi seorang guru.

3. PEMBELAJARAN (sebelum moment itu terjadi saya berfikir bahwa...setelah moment itu terjadi saya berpikir bahwa...)

sebelum moment itu terjadi saya berpikir bahwa menjadi seorang guru bukanlah cita cita favorit anak masa kini, menjalankan tugas sebagai guru hanyalah karena tidak ada pekerjaan lain. sehingga dampaknya pada murid jauh sekali dari kata menciptakan murid yang merdeka mandiri sebagai individu dan anggota masyarakat dan student wellbeing. tugas guru hanya menyampaikan informasi, memberikan ulangan memberikan nilai, mengabsen pokoknya komunikasi terjadi satu arah saja. tidak berusaha mengerti dan memahami murid yang penting semua materi tersampaikan. Setelah mengikuti dan mempelajari modul 1.1 dan 1.2 saya berpikir menjadi guru adalah cita cita saya, berpihak pada murid adalah keinginan saya, mandiri adalah kehidupan saya , berkolaborasi adalah teman hidup saya, reflektif adalah kebiasaan saya dan inovatif adalah usaha saya yang harus terus diusahakan. dan semuanya terimplementasikan dalam peran peran saya

4. PENERAPAN KE DEPAN 9RENCANA) Apa pengembangan diri yang sederhana, konkret dan rutin yang dapat saya lakukan sendiri dari sekarang, untuk membantu menguatkan nilai-nilai dan peran saya sebagai Guru Penggerak?

Pengembangan diri yang dapat dilakukan :

1. terus memotivasi dan menguatkan diri untuk terus belajar, memberdayakan kekuatan diri untuk terus berinovasi agar bisa menciptakan pembelajaran yang menyenangkan seperti : mengikuti pelatihan pelatihan offline maupun online, sharing ilmu dengan sesama rekan sejawat diagendakan satu minggu satu kali

2. merancang kegiatan diskusi dengan teman sejawat tentang strategi dan metode pembelajaran

3. merancang rencana pelaksanaan pembelajaran yang menyenangkan dengan mencari referensi dari berbagai sumber

4. menanamkan nilai nilai positif pada diri dengan kata kata positif setiap hari 

5. berusaha tetap semangat dalam berliterasi untuk menambah ilmu

6. menentukan target pencapaian diri dan berusaha konsisten dengan semua target yang telah ditetapkan 

hanya itu yang dapat saya sampaikan dan refleksikan, lega rasanya bisa mengungkapkan segala isi hati saya. semoga bermanfaat dan menginspirasi

salam sehat dan Bahagia teman teman ... dan tetap SEMANGATTTT💪💪💪😊😊😊

Bandung, 14 Juni 2022

Liena Marliana 

CGP A5 Kab.Bandung

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Tugas 1.1.a8 Koneksi Antar Materi-Kesimpulan Refleksi Modul 1.1 CGP A5